MySQL Error – Too Many Connections

MySQL Error – Too Many Connections

MySQL Error – Too Many Connections

2 Comments on MySQL Error – Too Many Connections

Masalah yang cukup sering saya alami ketika database berjalan pada operating system (OS) CentOs adalah tiba-tiba muncul pesan error “Too Many Connections“. Apalagi ketika aplikasi sudah membesar dan banyak orang yang mengakses, masalah ini haruslah cepat-cepat kita selesaikan daripada banyak orang yang tidak bisa kerja 😀 gara-gara kesalahan dari sisi kita (Developer). Searching sana-sini sampai konfigurasi MySQL dirubah-ubah settingannya, masih dengan hasil yang sama, pesan error masih muncul. Bahkan sempat mematikan service MySQL (mysqld) malah tidak bisa dinyalakan kembali.

Ternyata masalahnya sepele, karena tidak ada space didalam hardisk. kenapa bisa? padahal spesifikasi hardisk di server 2TB, tidak mungkin penuh. ya, perlu diingat pada instalasi CentOS pada awal waktu, CentOS membagi partisi otomatis antara “root” dan “home” folder. untuk mengeceknya kita perlu menggunakan akses Super User (SU) dan mengetik perintah :

df -h

pada server saya tertampil space hardisk pada masing-masing partisi

Filesystem            Size  Used Avail Use% Mounted on
/dev/mapper/vg_server-lv_root
50G   49G   0     100% /
tmpfs                     48G     0   48G   0% /dev/shm
/dev/sda1             485M  153M  307M  34% /boot
/dev/mapper/vg_server-lv_home
1.8T  174G  1.5T  11% /home

Aplikasi berada pada partisi root, dari keterangan diatas terlihat bahwa root telah digunakan 100%, artinya partisinya penuh sehingga service tidak bisa menyala sama sekali. Solusinya cukup mudah, pindahkan data yang tidak perlu ke direktori /home yang masih memiliki banyak space. dengan memberikan ruang bebas pada “/” root folder, maka service dapat berjalan mulus kembali.

 

semoga bermanfaat 🙂

 

About the author:

~

Related Posts

2 Comments

  1. ranner  - February 25, 2017 - 11:47 pm
    Reply /

    minta tutorial videonya

    • chephz  - February 27, 2017 - 1:17 am
      Reply /

      ok nanti kalo sempat, saya bikinin video tutorialnya

Leave a comment

Back to Top